HAKLI CABANG KOTA SEMARANG

HAKLI CABANG KOTA SEMARANG

Minggu, 23 Desember 2007

Situs AIR PERKOTAAN

http://www.worldbank.org/html/fpd/water/urban.html

Penyediaan air dan Sanitasi Perkotaan

Meskipun ada investasi yg besar di bidang air minum dan sanitasi pada era 80-90 an, jumlah orang yg belum memiliki kases ke layananan air dan minum dan sanitasi dasar di perkotaan dan pedesaan terus meningkat. Di sisi lain perbaikan sarana air minum dan investasi swasta juga sulit. Ada persoalan tarif, keterbatasan tingkat persaingan, tingkat pengembalian aset dalam jangka waktu panjang yg lambat, mata uang yg tidak stabil, sehingga investor asing enggan menanamkan modalnya di sektor ini.

Situs ini memberikan gambaran berbagai langkah yg bisa ditempuh oleh calon investor dan para pengambil kebijakan dalam menghadapi berbagai persoalan itu. Di dalamnya ditampilkan berbagai pembelajaran yg pernah terjadi di beberapa negara. Situs milik Bank Dunia ini memuat antara lain soal air dan sanitasi dari sudut pandang ekonomi, pembiayaan dan tarif, partisipasi sektor swasta, layanan terhadap penduduk miskin perkotaan, fungsi keuangan, serta fungsi operasional dan pemeliharaan.


http://www.urbanwater.info/

Air Perkotaan : Tools and Resurces

Kondisi ekosistem terus mengalami penurunan dalam 100 tahun terakhir. Maka itu diperlukan cara untuk menangani persoalan tersebut khusus menyangkut air di perkotaan, dimana penurunan kualitas lingkungannya cukup kentara. Situs ini menyebut pola penanganan itu menggunakan sebuah desain. Pola ini diambil berdasarkan pengalaman di lapangan. Berbagai dokumen tentang manajemen air ada di sini.

Situs ini cukup lengkap membahas tentang pendanaan dan keuangan, organisasi. Beberapa piranti khusus untuk mendukung keputusan juga ada, misalnya untuk menganalisa stakeholder , disain manajemen dan sebagainya. Yang menarik, situs ini menyediakan tollkits untuk disain dan pemeliharaan perkotaan, monitoring, manajemen lingkungan, organisasi dan komunitas.

Hal-hal praktis di bidang pemberdayaan masyarakat juga ada. Misalnya dalam menu organisasi ada capacity building, community development, termasuk bagaimana bernegosiasi dengan badan-badan penyedia dana, dan analisis lingkungan sosial ekonomi.

http://www.urbanwater.net/

Jurnal Air Perkotaan

Urban Water journal (Jurnal Air Perkotaan) menyediakan sebuah forum bagi para peneliti dan komunitas profesional guna membahas sistem penyediaan air di lingkungan perkotaan dalam diskusi yg berkelanjutan. Pembahasannya ditekankan pada analisis keterkaitan dan interaksi antara sistem penyediaan air induvidual, tata guna air, dan lingkungan. Jurnal ini menggunakan pendekatan yg terintergrasi dalam memecahkan sejumlah permasalahan menyangkut manajemen penyediaan air perkotaan yg berkelanjutan.

Isi jurnal ini antara lain, hubungan air dan sarana di perkotaan, penyediaan dan distribusi air minum, sewerage dan drainase. Topik-topik khusus juga ada seperti jejaring manajemen, operasional dan rehabilitasi, manajemen permintaan dan tingkat pelayanan, daur ulang air dan pengendalian suber air dalam berbagai skala, pengelolaan air minum dan air limbah. Tulisan dalam jurnal ini merupakan hasil karya para pakar dan praktisi dari berbagai negara.


sumber :
Percik, Juni 2006

Tidak ada komentar: