HAKLI CABANG KOTA SEMARANG

HAKLI CABANG KOTA SEMARANG

Jumat, 18 Juli 2008

C-BETech dan DEWATS

CBETech (Center for Community Based Environmental Technology)
sebuah lembaga yang menerapkan Proyek DEWATS di Indonesia. Proyek DEWATS merupakan kerjasama antara Lembaga Pengembangan Techology Pedesaan (LPTP) Indonesia dengan Bremen Overseas Research and Development Institution (BORDA) Jerman .
C-BETech menyediakan jasa layanan:
•Desain dan konstruksi biogas bagi peternakan, industri tahu dan rumah pemotongan hewan.
•Desain dan konstruksi unit pengolahan limbah cair rumah sakit, hotel dan pemukiman penduduk.
•Sanitasi berbasis masyarakat.


Tentang C-BETech
C-BETech adalah lembaga swadaya masyarakat yang bernaung dibawah Yayasan LPTP, dibentuk berdasarkan idealisme dan partisipasi aktif dalam memecahkan masalah polusi lingkungan di Indonesia.
Akta pendirian pada Kantor Notaris Sunarto SH No. 39 tanggal 5 Agustus 2002, Kantor Departemen Sosial dan Politik, Provinsi Jawa Tengah No. 220/473 dan Kantor Perlindungan Massa dan Persatuan Bangsa Pemerintah Kota Surakarta No. 220/570, serta Kantor Sosial Politik Pemerintah Kota Surakarta No. 220/929.

Latar Belakang
Polusi limbah cair di daerah berpopulasi tinggi telah mencapai derajat berbahaya dan menggangu kesehatan masyarakat dan ekosistem. Permintaan dan kebutuhan masyarakat akan sistem pengolahan limbah cair semakin meningkat sedangkan sistem pengolahan limbah cair yang tepat belum tersedia.
Teknologi pengolahan limbah cair merupakan tekhnologi canggih yang diproduksi di negara sub tropis berbasis masyarakat berpenghasilan tinggi. Hal ini sangat mahal bagi masyarakat Indonesia karena harus mengimport tekhnologi, menggunakan suku cadang import, menggunakan input yang menghabiskan energi lokal serta kompleksitas dalam pemeliharaan. Dampaknya, banyak lembaga tidak dapat mengoperasikan unit pengolahan limbah cair mereka secara berkesinambungan.
Untuk memecahkan permasalah di atas, C-BETech membangun teknologi pengolahan limbah cair dengan menggunakan model DEWATS (Decentralized Wastewater Treatment System) sebagai alternatif bagi pengelohan limbah di Indonesia.

VISI
Untuk mendapatkan air yang bersih dan sehat adalah hak bagi setiap generasi manusia, oleh karena itu generasi sekarang memiliki tanggung jawab untuk memelihara sumber air bersih bagi generasi selanjutnya. (diambil dari http://www.lptp.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=16&Itemid=1)

Ingin tahu lebih banyak tentang DEWATS klik disini

Tidak ada komentar: